BOLU Pandan.

Cake ini buat saya 'Indonesia sekali', beda bgt ama cake2 'import'.
Baik dari segi wangi, rasa, texture juga warna-nya.
Di resep aslinya, cake ini namanya Bolu Santan. Tapi menurut gue lebih cocok dinamain Bolu Pandan, krn yg keliatan bgt khas dari cake ini adalah wangi pandan dan warna hijau-nya. Di rumah pun, ama anak2 bolu ini dinamain 'Green Cake' :D
Lucunya pertama kali saya ngasi ke Patrick, dia agak lama mandangin cake ini ...mungkin aneh menurut dia krn biasanya cake itu ya warna putih, kuning atau coklat. Tapi begitu saya sodorin ke mulutnya, sekali hap... abis itu gak bisa berenti. Bolak-balik ngambil lagi. Laaahh enak sih.
Resep aslinya pakai 1 cetakan bunder dia 22 cm, tp sy pake paper-cups berbentuk oval (jadi 9 buah). Source: Femina July 1999.
Photobucket - Video and Image Hosting
25 lembar daun suji
4 lembar daun pandan
50 ml air
125 santan dari 1/2 butir kelapa (kupas kulit ari)
50 gr margarine, lelehkan
6 butir telur ayam
225 gr gula pasir
250 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
50 gr kenari cincang *sy gak pake.

1. Tumbuk daun suji dan daun pandan (sy pake blender), masukkan air, peras dan saring.
Buang ampasnya.
2. Masukkan air perasan daun suji ke dalam santan. Aduk, campur dengan margarine, aduk kembali hingga rata. Sisihkan.
3. Kocok telur bersama gula pasir hingga mengembang dan putih. Sisihkan.
4. Campur tepung terigu, baking powder, dan baking soda hingga rata. Masukkan sebagian adonan ke dalam telur sedikit demi sedikit bergantian dengan larutan santan. Aduk rata. Masukkan kenari cincang dan aduk rata.
5. Tuang ke dalam loyang bundar bergaris tengah 22 cm yg sudah dioles mentega dan ditaburi tepung.
6. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 C selama 60 menit hingga matang. Angkat.
Potong2 ...sajikan.
Photobucket - Video and Image Hosting
Kalau pake cetakan tulban 22 cm atau paper-cup... cukup dipanggang 45 menit.

Comments

Lisa said…
This comment has been removed by a blog administrator.
Lisa said…
mbak.. kayaknya contekan kita sama deh. Saya udah nyobain juga Bolu Santan ini beberapa minggu yll.. Sumbernya dari bonus femina yg udah lecek itu juga... kekeke
Yang ada cake tape-nya kan mbak..
Yang resep pertamanya mie ayam jamur... kekeke

Tapi tetep, foto mbak Vania TOP abeees... :-).

Mbak, itu papercup yg buat cupcakenya bagus-bagus deh...
Riana Ambarsari said…
Van, Van, emang beneeeer... ini bolu always selalu lekat di hati ya :)
Indonesa banget..
Unknown said…
Hi Vania, I really wish to try this recipe. But I couldn't understand. Can you post it in English?
Anonymous said…
mba... kue nya saya bantet...
whoaaaa..hiks..hiks...:((
Dwiana P said…
Hi mbak, browsing cari2 pandan cake gk taunya dapet disini. Udah di praktekin hasilnya bagus sekali. ENAK!! thank you udah sharing resepnya yah.
Bunda Naya said…
ini dia nih bolu kesukaanku..dulu waktu blom ada Naya masih rajin bikin-bikin kue. sekarang repot n buku resepku disobek-sobek Naya..thanks resepnya ya mbak..

visit www.tokonaya.multiply.com/photos
ada pakaian anak branded murah loh
Anonymous said…
Mbak, kemarin saya dah nyoba resep ini tp hasilnya bantat pas adonan tepung dan campuran mentega ga bisa nyampur rata?:( knp mbak ya??
tolong dibantu mbak ya :)
anggie145@yahoo.com
Anonymous said…
Mbak, baru buat kue bolunya kok bantat sih mbak? Aku pake pandan botolan yang merek kupu-kupu jadi santan-nya aku tambah karena gak pake air. Aku pake santan kental, lho, apa itu yang membuat kue-nya bantat? Juga waktu aku masukan adonan tepung dan santan bergantian kuenya turun ...hu hu hu ...padahal aku kangen banget sama bolu ini. Tolong mbak saran-nya.
Anonymous said…
coba deh lebih enak kalau santannya di pasak dulu yg tadinya 2 gelas jd 1 gelas,jdnya kental supaya ga pecah santennya harus diaduk terus waktu di masak. dijamin mantap...
Bunda Keysha said…
iya itu mantap abis, cobain deh, aq jg dah nyoba&keluargaku suka semua.
mariana marz said…
Mbak,aku kepingin nyoba,tapi nggak ada pandan dansuji nya yang ada sih botolan...
Anonymous said…
aku dah nyoba nih ... manisnya nggak terlalu nya ... tp kurang legit rasanya apa karena santennya kurang ya...
sarang semut said…
Hmmm pasti enak ini...
Kamelia Mf said…
alhamdulillah, aku sudah coba resep ini, bi idznillah sukses mba, pake santan kara yg 65 ml, tambah air matang, dan karena buru2 bikinnya kau pake pasta pandan toffeico.
dipanggang dengan bakin pan

makasih atas sharingnya mba Vania, salam kenal
lunto said…
Warna bolu pandan juga sangat disukai untuk cat rumah