from Our Padang Food Festival

Bapak, Ibu, Encik, Sahab, Sahib, Uda & Uni,
Vania & I would like to invite you to join our Padang Food Festival.
Where: ************ , Hiranandani Gardens, Powai-Mumbai. Tel. 22-***-***-**
When: this coming Saturday night, May 10/08.
What time: The Padang food will be served @1900hrs (7pm).
Menus: Sate Padang, Soto Padang, Ayam Pop, Dendeng Batoko, Gulai Nangka, Sambal Hijau & Karupuak Jange. Dessert: Kolak Pisang (kalo ini Padang coret).
Acara ini juga dalam rangka HUT Patricia ke-8.
Bring your kids along. There will be X-Box Games arcade, amateur Magic show & goodie bags.
salam,
Doddy.
Ini adalah aksi super nekat yg kita lakukan minggu yang lalu. Ngundang temen2 ke rumah untuk dinner bareng (ahh itu masih hal biasa). Nekatnya... menunya itu: Masakan Padang. Apanya yg nekat?
Pertama, gw bukan berasal dari Padang/Sumatra Barat. Nginjekin kaki di pulau Sumatra aja belom pernah. Kedua, suami gw jg bukan org Padang.
Ketiga, anak2 kita bukan org Padang... for sure! yaeyalaaaah!
ya udah, alasan ke 3 diganti, makanan ala kapau ini bukan makanan sehari2 kita. Gak pernah masak ala makanan padang selain balado. Tapi kita doyan makan makanan padang, cuma ya di 'kapau' lah, bukan masak sendiri.
Alasan berikutnya, heeey-ini masakan padang gitu lho. Bukan masakan ala tumis2 bawang putih doang. Bumbunya komplek dan cara masaknya pake bbrp tahap. (rebus-goreng, atau rebus-panggang, atau rebus yg kudu diaduk2 teruuus). Tapi percayalah, kalo udah nyobain 1-2 kali kita akan berkesimpulan, ternyata gak serumit yg dibayangkan.

The Party was over.

Ok... the party's over. Gini cerita dibalik layar ...
Berbekal kenekatan ditambah 'team work' yg solid (kan kita gak cuma ngurus makanan, jg ngurus kerjaan lain, rumah dan anak2), acara terlaksana dengan sukses sekalipun butuh kerja keras :).
Pertama urusan belanja bahan. Bukan hal yg gampang u/ nemu daging sapi di negara ini. Diitung2 butuh 11 kg daging sapi. Hunting, nelfon2... akhirnya terkumpul 12 kg daging sapi dari 2 toko berbeda-cuma 1 hari sebelum acara. Belum lagi bumbu2-daun2an. Bbrp bahan terpaksa di'skip' krn gak berhasil ditemukan, daun kunyit, daun salam, daun jeruk (yg ternyata ketahuan ada jg yg jualnya), itupun udah sempet ke pasar2 tradisional, sampe kudu ngafalin bhs lokal bahan tsb. haiyaaahh.
Masak-memasak jadi hal yg paling vital. 1-2 minggu sebelum acara gw ngadain 'test food'. Berbekal resep yg terpercaya kita milih menu yg okeh. Kemudian gw coba masak, dan kita nikmatin u/ dinner bareng. Pastilah ada kendala, ayam pop yg keasinan dan sambal dendeng batokok yg gak homogen. Yg keasinan gampang bgt penyelesaiannya. Nah urusan garem yg gak larut di minyak panas itu, sempet bikin pusing jg. Untung ada mailist, tempat bertanya dan mendapat jawaban :). Thank you Uni Dewi, thank you Ibu Elly Tjan. Nah sekalipun udah nyoba masak2 dulu, satu hal yg akan berbeda adalah kuantitas masakan. Kalau sebelumnya gw cuma masak u/ kita berdua atau berempat aja, di hari H kudu masak u/ 30-an org. It's totally different! Dibutuhkan bahan berkali lipat, panci2 yg super gede, dan pengaturan pemakaian kompor dan oven. Termasuk jg pengaturan pengerjaan makanan, biar saat wkt makan, makanan masih fresh dan anget. Eh iya, selain menu diatas gw jg bikin cupcakes (4 lusin), carrot cake dan chocolate pudding w/ mocca sauce. Seru kan!

Lucky ME ! Suami gw gak segen2 bantu2in. Segala sesuatu yg gak mungkin gw kerjain lagi. Awalnya gw lagi motong daging u/ soto padang, tipis-tipis. Gilee... pegel bgt! sempet semuten jg ngirisin daging 2.5 kg ajah. Lha Sate dan Dendeng itu masing2 4 kg! Apa gak keram ntar. (makanya di kapau2 itu yg masak cowog2 kabeh yah). Jadilah si Papah yg melakukannya termasuk nusuk2in satu yg jumlahnya lebih dari 200 tusuk dan menokok2 daging dendeng. Oh itu belum selesai termasuk juga bakar sate, bumbuin dan memanggang dendeng. Hebad gaaaak?
Satu lagi yg menurut gw cukup penting, Time Management. Ngatur wkt belanja, nyicil masak dan urusan2 diluar itu. (Patrick sempet sakit 3 hari berturut2 menjelang acara).
5 hari sebelum hari H gw dah ngupasin bawang merah (yg selalu ada dlm jumlah byk di tiap masakan padang) buanyaaak, sampe 3 bowl gede. Rasanya tiada hari tanpa ngupasin bawang lho. Selanjutnya lebih byk urusan melengkapi bahan masakan, jg ngurus goody bags (ini bday party gitu lho).
2 hari menjelang hari H, ngegoreng krupuk jange (uhh butuh trik khusus ini, gak kayag goreng krupuk udang).
1 hari menjelang hari H, udah bikin puding, kolak pisang/ubi yg kemudian dititipin di kulkas tetangga :D. Juga carrot cake, bawang goreng dan malemnya ngerebus daging u/ soto.
Baru deh hari H, dari pagi sampe tamu dateng... masaaaaakkkk ajah. Sampe lupa foto2!
Ini 2 resep favorite kita:
Keduanya berasal dari majalah Femina, sesuai aslinya, kecuali jeroan/lidah yg diganti dgn daging sapi.
Sate Padang.
Resep aslinya pake lidah sapi dan jeroan. Krn kita gak mengkonsumsi jeroan, jg jarang makan lidah, jadi kita pake daging sapi aja (has dalam).

Sate Padang 2

1 kg daging sapi
1.5 liter air
1 lembar daun kunyit
2 cm lengkuas, memarkan
4 lembar daun jeruk
1 bantang serai, ambil bagian putih, memarkan
3 cm asam kandis (sy pake tamarine paste)
18 tusuk sate
Campur rata:
25 gr tepung beras
1 sdm tepung sagu

Bumbu, haluskan:
8 buah cabe merah keriting
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt merica butiran
1/8 sdt jintan, sangrai
6 butir bawang merah
1/2 sdt kari bubuk
2 cm kunyit
2 sdt jahe
2 sdm minyak
Pelengkap:
6 bh ketupat, potong-potong
5 sdm bawang merah goreng

Cara membuat:
1. Rebus daging sapi hingga setengah matang.
Tambahkan bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, serai, daun kunyit dan asam, aduk rata.
Masak hingga daging lunak. Angkat. Tiriskan.
Potong ukuran 1x1 cm. Sisihkan cairannya.
2. Tusuki setiap 4-5 potong daging dengan tusuk sate*. Panggang di atas bara api sambil dibalik2 dan diolesi minyak hingga matang dan harum. Angkat. Sisihkan.
Saus:
Panaskan sisa cairan (kaldu) di atas api sedang. Tambahkan campuran tepung beras, adung rata hingga mengental. Angkat.
Sajikan sate bersama saus, ketupat, dan taburan bawang merah goreng.


Dendeng Batokok
Resep ini manteeep banget. Bener2 sesuai dengan dendeng batokok yg selalu gw kangenin. Dendeng batokok yg gw kenal adalah dendeng yg dagingnya dipanggang (bukan digoreng), agak tebel (bukan tipis2 kayag dendeng balado),...dan asli dari Pekanbaru :D.

Dendeng Batokok 2

500 gr daging sapi has dalam, rebus hingga empuk, potong searah serat 1 cm
1 sdm merica bubuk
1 sdm ketumbar bubuk
4 cm lengkuas, giling halus
2 bh asam jawa, larutkan dgn 1 sdm air
4 butir bawang merah, haluskan
Sambal:
100 ml minyak u/ menumis
12 cabe hijau besar, iris serong tipis
6 butir bawang merah, iris tipis
1 sdt air jeruk lemon
1 sdm garam
1/2 sdm gula pasir

Cara membuat:
- Panggang daging sapi dlm oven panas suhu 130C selama 15 min, angkat. Pukul2 hingga agak tipis.
- Campur dengan sisa bahan, aduk rata. Biarkan selama 15 min hingga bumbu meresap.
- Panggang kembali hingga bumbu matang dan agak kering, angkat. Sisihkan.
**Sambal:
Panaskan minyak, goreng semua bahan sebentar di atas api sedang,
jangan sampai layu. Angkat.
Penyajian:
Tuang sambal di atas dendeng. Sajikan.
** Tips: ini penting niy, krn kebetulan sy pernah kurang sukses membuat campuran sambel u/ dendeng ini. Saat itu sy 100% ngikutin resep ini. Ternyata garam itu gak larut di minyak panas sekalipun, akibatnya sambelnya terasa ada butiran2 garam, dan campurannya gak homogen. Ada spot tertentu yg asiiiin ada yg kurang asin. Nah stelah nanya ke mailist NCC, ketemu caranya. Jadi pastikan garam udah larut sebelum dimasukkan ke dalam minyak panas. Pertama iris2 cabe hijau, campur dgn perasan jeruk nipis-aduk2. Kemudian masukkan garam. Aduk2 (plus sedikit ditekan2 dgn sendok) bersama campuran cabe hijau & jeruk nipis tadi. Setelah garam hilang dari pandangan baru deh ditumis dlm minyak panas plus tambahin gula, bentaaaar aja. Baru terakhir masukin irisan bawang merah... Mmmm haruuum!

Comments

Dwiana P said…
Van, thanks berat buat resep sate padangnya. Kalau lo bilang enak yah gw ikutan deh. Gw blon penah bikin pengan banget buat summer ini.
Partynya meriah... hanya sayang gw gk bisa dateng. (heleh org juga gk diundang LOL)
as usual fotoya MANTEP!
Xtina said…
Mbak, buka restoran Padang di Mumbai, pasti laku deh!!! tampang satenya meni bikin ngiler euy!!
Dita said…
vaniiiaaaa!!!! Gilak!!!! Hebat bgt deh! Gw pasti uda pingsan. Makasi ya resep satenya. Gw pen nyoba, owiyah jinten bhs inggrisnya apa ya?
Vania said…
Dwi,
kalo elo tinggal di sini pasti gw undang. Jadi tamu merangkap photographer (fotoin makanan dan aktivitas masak-memasak)-pasti seru bgt)... secara gw dah gak sempet foto2... baru nyesel sekarang. Lha... udah gak bertenaga:D

Xtina,
waaahhh ... kalo gitu kudu mendatangkan chef khusus dari Amrik dong. Maen deh ke sini, pasti gw bikinin sate padang. Yuk..yukk...

Dita,
Huahh..ahhha..hha...
mending gw lah, drpd elo gila property hua..ha..ha..
Eh gw pengen ikutan event yg elo run, tp gw ragu2 krn gw belum kategori 'akut' kayag elo deh. hi..hi..hi..
Jinten (Indonesia) = Cumin (English) = Jeera (India)
Dita said…
qaqaqaqaqaaaa.....udahlah ikut aja Van, biar kalo gue didiagnosa propaholic syndrome, gue gak sendiri!! :D.

Lagian kan gak musti njembrengin properti lo, yg dibutuhin cerita seputar properti kok. Yang gue harapkan malah cerita2 unik gimana berburu props, trus tempat2 unik jualan props.

Gue pengen denger tuh liputan lo soal tempat jualan pecah belah murmer itu yg kata lo jualannya dijembrengin :D *duh duhh mulai kumat nih syndrome-nya)
Anonymous said…
Plok-plok-plok-plok!!!

Nyembaaaah.... nyembaaaahhh....
Hebat banget deh. Gak bakalan bisa kayak gini, biar kata saya punya suami orang Padang plus dibantuin pasukan pembokat juga...

rgds,
Tanya
Rita Sella said…
plok...plok...plok.... congrats va ! challenging bener euy... secara dah masak besar, bukan menu kamu sehari-hari... puihh pol !
hebuatt...

awal bulan mei aku jg ngerjain festival, bikin satenya 400 tusuk, tidur masih kebayang-bayang tuh tusukan, boro-boro dweh moto, pengen pinjem tenaganya superwoman biar cepet kelar wakakakakkk
Anonymous said…
salam kenal, vania....

hebat!!!! standing applause for you!!! saya deasy (jkt, indo) selalu terkagum2 klu blogwalking ke blog kamu. pas liat lagi posting terbaru, tambah terkagum2 lagi, untung ga pingsan, hehehehe.
happy belated birthday for Patricia...
rafadafi said…
Mba Vania, salut plus dua jempol deh. Saya yang tinggalnya di Jakarta aja engga kepikir deh mau bikin party masak ndiri ....menu ala padang pula. duh duh....bisa tumbang duluan pas hari H. eniwei, Happy birthday buat Patricia ya.....
Anonymous said…
Saluut..*dg gaya nyembah*....Happy bday buat Patricia...Mau doong punya supermom kek mama Patris...Ngiler ma dendengnya...
Lisa said…
Hallo orang India... hehehe...

Asyik banget lho baca pengalaman-pengalamannya di India. Kayaknya gak sempet stress kayak aku dulu pertama pindah ya ;-p

Kalo aku pas di Cochin, kayaknya aku rela naek kereta 26 jam ke Mumbai untuk dateng ke acara Padang food Festival ini deh... hehehe

To Patricia..
Happy belated birthday yah..
Anonymous said…
Salam kenal Van,
Gw pembaca blog V-recipes bbrp bulan ini,,
Aduh, blog nya bener2 membuat gw termotivasi lagi untuk melakukan hobby lama yang dah ditinggalin,, baking,,
Selama ini cuma jadi silent reading aja nih,, tp yg ini bener2 SALUTTT deh,,
makanya nih gw kasih comment..

Happy belated birthday to Patricia ya,,
lisa said…
vania ini lisa pattaya lagi (orang yg tergila2 ma masakanmu) coba yah aku ada disana, dah pasti pengen akrab dan berkawan denganmu. biar diundang..trus makan enak2.., dapurmu tak taro yah di blogku. Thank you banget.
Unknown said…
Ck..ck..ck..hebat deh ibu satu ini! Setuju dengan ide buka resto padang di Mumbai pasti laris manis tanjung kimpul.

Happy Birthday untuk Patrice ya!
Anonymous said…
van...
syl acungkan jempol banyak banget deh. salut....
thank you for sharing the recipes.
si papap dari padang dan not even once i make sate padang *grin*
kapan2 mau dicoba
sekali lagi salutteeee....
Anonymous said…
Wuuuaaahh, balik-balik kemari ada sate padang! :D Asik asik asikk, ijin kapan-kapan mau nyobain resepnya ya, mbak, trimakasih ;) Happy belated birthday, Patricia! :))
Vania said…
Thank you semuanya...
Hhmmm jadi malu niy. Sebenarnya, sampe sekarang ini, kita be2 (gw & suami) masih suka heran jg, "kog kita bisa ya bikin masakan padang gini?" bolak-balik kita heran & kagum he..he..he... Gak pernah terbayang bisa bikin sate padang yg enaaaak gini. Resepnya yg canggih!
Sekarang lagi nyari target, masakan apa lagi ya yg mo dipelajari hi..hi..hi.. Buat gw pribadi, belajar masak makanan yg spesifik gini jadi tantangan yg menarik bgt. Apalagi makanan yg kita doyanin. Trus acara foto2 jg jadi makin menggairahkan. Kapan ya bisa jadi Food Photographer atau jadi Food Stylist? *mimpi dulu ah.

Thank you ucapan selamat u/ Patricia. Sekarang dia udah punya cita2, mo jadi 'an animator' :)
Dia seneng gambar2 tokoh2 kartun, bikin2 cerita sendiri, bawaanya mengen minjem komputer gw mulu. Ahhh anak zaman sekarang...

Sekali lagi, thank you semuanya...
Seneng banget byk yg ninggalin comments.
Unknown said…
waahh salut. menu-nya kumplit *tepok tangan*

somehow gw bisa relate ke ceritanya Van. secara baru Sabtu kemaren ngundang 25 orang n smua masak sendiri. 3 menu plus sweet treats-nya. asli cape tapi puas juga karna pada suka. betul banget, yg penting time management-nya kudu owkeh biar ga keder.

happy belated b'day to Patricia.
Anonymous said…
Lapoorrr!!! gue dah nyoba tuh dendeng batokok. Tapi gak sempet foto2an Van. Bener loh sodara2, resep ini recommended deh. Pengen bikin lagi buat sesi foto2an ;).
Anonymous said…
sekarang stengah 12 malem di JKT, liat gambar dendeng batokok jd LAPER abis. Gawat deh. Ternyata resepnya gampang ya. Musti coba. Sayang ga sempet kenalan pas MURI kmaren :)
Anonymous said…
Duhhh Van, ngirinya aku, kok bikin acara seru kaya bgitoh setelah aku ninggalin Mumbai, hiks hiks ...
Anyway , aku mau nyontek sate padangnya, bojoku lagi tergila2 ama sate padang di tempat pencucian mobil deket rumah hehehe.
miss u!
Anonymous said…
Hai mbak Vania, salam kenal. Sy dr Sby. Sdh srg bgt ngunjungin blog mbak yg SUPER DUPER OK!! tp br skrg sy 'naruh" komen saking kuuuagumm sm hebatnya mbak n tim! Salut ya! TFS resepnya2 sekalian sy mohon ijin belajar dr mbak, nyontekin resep2 buat saya coba yaa :) Baru belajar di dapur soalnya.. Amateur, Bo.. hehe