Intermezzo 1 : Yazdani Bakery, Mumbai

Menemukan bakery-bakery modern di kota metropolitan tentu bukan hal yang sulit. Tidak jauh dari apartment tempat kita tinggal ada beberapa bakery yang khusus jualan birthday cakes, juga berbagai jenis puffs. Masih di sekitar apartment juga ada 'Bread Talk'~yang menjadi salah satu idola warga Indonesia sekitar sini :). Jangankan di kota sebesar Jakarta, atau Mumbai deh, di Balikpapan aja bakery-bakery modern tidak sulit ditemukan & produknya cukup maknyuuus.
Yang kemudian menjadi special adalah ketika menemukan bakery jadoel.

IMG_2205y

Tiga minggu yang lalu, saat sendirian nyusurin jalan kecil di downtown... tercium bau yg menggoda banget. Wangi aneka roti yang baru keluar dari oven. Nengok-nengok kiri-kanan, haah ada bakery kecil-nyempil di antara bangunan-bangunan 3-5 lantai di sekitarnya. Karena saya masih asing ama lingkungan itu, dan ini pun pertama kali saya masuk ke jalan kecil itu,...ah saya cuma berani motret dari luar. (toh sebelumnya juga saya cuma motretin bangunan ajah).

Yaz1

IMG_1829Yaz

IMG_1848Yazd

Tapi asli deh, wkt itu saya lapeeer bgt. Udah hampir jam 11 am, belum sarapan pulak. Godaan yg sulit banget untuk dilawan. Akhirnya saya memberanikan diri masuk. Gak ada pembeli saat itu. Cuma si owner dan beberapa perkerja bakery serta tumpukan roti di mana-mana.

Saya gak order khusus, cuma bilang kalo saya laper- dan order apa aja yg special dari bakery ini :).
Saya disodorin roti hangat beroles mentega & secangkir kecil Chai (teh susu). Ueeenaaaakkkk banget eh! Pak Bondan Maknyus perlu diajak ke sini. Ngobrol ama ownernya yang udah lumayan tua, beserta anaknya yg kira-kira udah berumur 40an. Begitu tau gw dari Indonesia, topik bernuansa politik pun jadi pilihan mereka. Duuuuhhh saya gak doyan bgt yg gini2 deh. Saya ngalihin pembicaraan seputar roti, balik lagi ke masalah Sukarno, Suharto, ... aaahhhh!

IMG_5114yz

yaz1 yaz2

Sambil menikmati roti anget, saya nengok ke papan tulis berisi daftar menu. Woooww... ada apple pie, olive bread, berjenis-jenis cookies, cakes dll. Sayang sekali mereka buat pies & cookies weekdays only, sementara saya mampir ke situ hari Minggu (setelah ikut kebaktian di Gereja yg jaraknya cuma 100 meter dari Bakery tsb).

Siang itu, setelah kenyang saya pamitan. Bayarnya Rs. 15 sajah (~Rp 3.600). Saya janji minggu berikutnya bakal dateng sekeluarga!

Minggu berikutnya, setelah kebaktian- lagi-lagi anak-anak & Papahnya cabut nonton di mall gak jauh dari Gereja, saya kembali hunting foto sendirian, nyusurin jalan-jalan sekitar downtown. Mampir sarapan di bakery kecil itu lagi. Begitu masuk saya cuma bilang,"Good Morning"... 
si owner cuma ngangkat kepala dan menjawab, "ooow Indonesian". Pagi itu saya coba roti kismis, dan lagi-lagi disajikan dengan olesan mentega dan segelas Chai. Pembicaraan kembali dimulai... politik lagih. 
Harga roti tetep sama, tapi kali ini saya beli sekantong raisin cookies dan ginger cookies untuk bekelan nonton cricket sore-nya. Raisin Cookiesnya TOP bgt lah, ginger cookies-nya...oahhh too spicy! Rasa jahenya terlalu 'kenceng'- saya gak tahan, apalagi anak2 :D

Sekarang saya punya tempat sarapan tetap tiap Minggu pagi, bakery tua yg sudah ada sejak 1951. Bukan cuma rotinya yg enak, suasana jadoel yg masih pake rak-rak tua itu jg ngangenin...
All product baked in WOOD FIRE OVEN
Yazdani Bakery
Cawasji Patel Rd, Fort, Mumbai.

"If you smell something good call it AROMA, if you smell something bad - call it smelly", that's what the bakery owner said.

Lima Bulan kemudian, akhirnya saya berkesempatan membawa anak-anak mengunjungi Yazdani Bakery. Alat pemotong roti menjadi objek paling menarik perhatian mereka. haha..ha...

IMG_5110yz IMG_5109Yz IMG_5111yz

Yazdani Bakery, Fort, Mumbai

Comments

Xtina said…
Iya mbak aku juga suka bakery model punyanya "Ma n Pa" (sebutan orang amrik untuk bisnis yang bukan model franchise) seperti itu, rasanya seperti di dunia lain ya!
Anonymous said…
duhhhh seneng deh liatnya, vintage banget. Asik bgt Van kayaknya buat menyepi sendirian, asal gak diajakin ngobrol politik....hwahahaha....gue juga beberapa kali ngalamin hal kayak lo, diajakin ngobrol politik Indonesia sama orang2 Arab padahal tadinya tujuan utamanya cuman pengen makan ato belanja....capeeee dehhhh!!
Vania said…
Xtina
bener...bagus tuh sebutannya Ma n Pa. Iya, gw jg seneng banget masuk tempat ginian. Kayag 'kembali ke masa lalu' :D

Dita,
Iya, gw pengennya dia cerita sejarah bakerynya keg, atau ngajak liat2 dapurnya gitu. Tapi kog ngomong politik. Gw senengnya mrk jujur, tulus. Wkt itu gw sempet mo beli pie yg ada di rak, trus dia bilang itu bikinan kemaren, udah gak fresh. Dateng aja weekdays sore2, pasti ada yg fresh from their oven. AKhirny gw beli cookies.
Anonymous said…
wah,
kebayang asyiknya nich, van
bakery jadoel - wanginya pasti khas.
Vania said…
Iya Mbak Syl...
tempatnya asyik, yg punya ramah. Bakery yg gak neko-neko. Kalo Mbak Syl ke sini ta ajakin deh. Tadi pagi sempet sarapan lg di situ. AKu sarapan sambil buka2 peta, nyari 'target'. Si owner nyamperin ngasi ide tempat mana yg dia rekomendasiin :D. Kalo aku jago foto kayag Mbak Syl, kayagnya 'aura' bakery-nya bisa lebih keluar :)
Dita said…
Van Van brati klo gue ketok2 pintu lo, orgnya gak ada, gue dah tau hrs ke mana. Paling2 nongkrong di bakery vintage itu :P
Deket gak Van dr apt?
Vania said…
Dit,
ke situ cuma 1x sminggu, hari Minggu doang, balik dari Grj. Jauh dari rumah, di downtown. Kita tinggal di suburb. Ah jadi kebayang roti anget beroles mentega.uaahhh yummy.
Anonymous said…
mang india suasananya beda ya vin, kadang ngangenin
tp seneng juga lo akhirnya nemu bakery enak disitu
Anonymous said…
ini referensi bagus buat swami nih.. abis biasanya doi kalo tugas di indihe ribut aja gak cocok ama makanannya. thanks buat infonya..
Anonymous said…
Halo Vania..
Apakabar ? Aduh aku suka geregetan sendiri lihat hasil photonya...
Gemessss!
Btw aku juga suka nyatroni bakery jadoel di Malang. Yang disebelahnya hotel tugu Malang...
Wuihhh gereeeemmm deh... Toples2nya lutjuu, poster2nya, rak-raknya, pilihan kukis dan kuenya... Dah pernah kesana blom yah ?
Salam dari BPN (masih di BPN neh...)

Lukie