Chocolate Muffins

Sssttt,... jangan ngomong, "Muffin lagi.... muffin lagi...". Rugi kalo gak tau resep ini.
Ngacung yg udah pernah nyobain resep Oatmeal Muffin itu? Enak kan.
Naaaah yang satu ini dijamin, gak kalah deh. Untuk anak gw, Patricia, inilah favorite-nya -setelah dia mengklaim dirinya sebagain 'chocolate lover'...
Resep muffin ini sendiri ngingetin gw saat baru pindah ke India, akhir December 2007 yang lalu. Di salah satu koper dari 3 koper gede yg kita bawa, gw selipin buku resep Muffin Mania (andalan gw), 2 muffin pan (masing2 muat u/ 6 biji muffin, jadi total 1 lusin), baking powder dan baking soda. Plus, paper cup!
Buat apa? ya buat baking dong. Selama masa adaptasi awal, di saat kita belum familiar ama makanan di tempat baru, dan kemungkinan anak2 butuh dibikinin bekel sekolah... gw pikir cuma muffin yg akan praktis bgt dibuat. Gak perlu mixer! itu salah satu alasan utamanya.
Ternyata bener, lebih dari 1 bulan sejak kita tiba... barulah kita bisa pindah ke apartement kita ini. Dan selama di 'guest house apartment', terutama setelah anak2 udah mulai sekolah... resep2 muffin ini menolong banget.

Express Breakfast


Chocolate Muffin ini praktis banget buatnya.
Seperti yg udah pernah gw ceritain, bikin muffin itu intinya cuma mencampur bahan2 kering dan bahan2 basah. Disamping itu, aduknya secukupnya aja, gak perlu terlalu heboh. Kalo terlalu lama diaduk, dijamin muffinnya jadi keras deh.
~kalo dah sering bikin muffin yg sukses, gak perlu baca tip2 di bawah ini :)
Pertama campurin semua bahan2 kering (terigu, gula, bp, garem, cocoa powder), aduk sampai rata. Kalo mau pake chocolate chips, kismis, kacang... masukin bersama bahan2 kering tadi. Nah sekarang ini saat yg tepat masukin bahan tambahan tsb.
Sisihkan. (Pake bowl yg agak besar, jadi muat buat ntar nyampur2 dan ngaduk2)
Kedua, di bowl yg berbeda campurin bahan2 basah (telur, susu, minyak ataupun butter/margarine). Telur, sebaiknya suhu ruangan (jadi sebelum mulai nyampur2, si telur udah dikeluarin dari kulkas). Susu jg gitu, gw saranin udah di suhu ruangan.
Ketiga, sebelum nyampur ke 2 belah pihak diatas, panasin oven. Biasanya sy pasang 200 C, u/ membuat oven cukup panas. Siapin loyang muffin, dan taruh papercupnya.
Dah siap semua, baru deh cemplungin bahan2 basah di dalam bowl bahan2 kering tadi. Aduk2 secukupnya... gw biasanya pake spatula, aduk nyusurin bagian sisi bowl ke arah tengah.
Terakhir, tuang si adonan ke dalam muffin pan. Kalau mau gampang, pake ice cream scoope (sendok es krim). Biasanya sebelum dimasukin ke oven, gw taburin 'sesuatu' biar lebih 'tempting'. Entah chocolate chips, kismis, kacang atau parutan keju.
Nah, saat masukin loyang muffin tsb, turunin suhu oven sesuai resep. (gw selalu pake 180 C).
Selamat mencoba, kalo gagal .. silahkan tinggalin comment di postingan ini.
Jangan heran ngeliat resep di bawah, emang cuma gitu doang.

Chocolate Muffins & Cold Coffee Milk

Chocolate Muffins
Source: Muffin Mania by Cathy Prange & Joan Pauli.
1 cup all purpose flour
1/2 cup sugar
3 tbsp unsweetened cocoa powder
2 tsp baking powder
1/2 tsp salt
1 beaten egg
3/4 cup milk
1/3 cup cooking oil

In large bowl, stir together flour, sugar, cocoa, baking powder and salt
Make a well in center of dry ingredients. Combine egg, milk and oil. Add all at once to dry ingredients, stirring just until moistened. (Batter should be lumpy).
Spoon into greased muffin cups .
Bake 375 F for 20 minutes.

Comments

Ira Rodrigues said…
van i like this word, ngaduknya nggak usah heboh! ha ha

i need working and try on you muffin recipe, hik hik maklum aku kelas biginer, i need to read every single tips and trick on your every post

(ttg goan sosis yg kamu tanyain yg di pic aku sebenernya itu bukan goan sosis, melainkan chinese sosis aku bw dr spore)

cooking goan sosis sangat gampang kl menurut cara goan yg pernah aku lihat--goan sosis in basic is sudah dibumbui dg goan speciality masala jadi sosisnya cuman dipotong2 dulu, set aside, tumis onions (plenty) and chili kl mau mau bisa dimasukin cupsicum, trus masukkan potonga sosis tadi tumis sampai fragrant, jadi deh...
sory jawabannya di comment ya van, jadi extreamly panjang, because i dont know you email.
Epilicious said…
akhirnya baking lagi... hehehe... aku paling suka praktekkin resep muffinnya mba.. enak, gampang, gak ribet :) tp kl pas masukkin ke cetakan muffin pake ice cream scoop, adonannya suka nempel2 di scoopnya..ada tips gak ? hehehe.. thanks ya...
Unknown said…
yippy ada yg buat muffin lagi...cobain ah..muffin jadi andalanku untuk bekal sarapan suamiku sejak "nongkrongin" blog-nya mba vania..resep2nya praktis dengan rasa yg selangit (suamiku doyan bgt sama oatmeal n' breakfast muffin)..makasih ya mba udah sharing resepnya..
Anonymous said…
cihuiii akhirnya datang juga,,,
tiap hari buka blog nya vania, nunggu resep terbaru, cerita terbaru dan foto terbaru ,,,
Thanks for sharing recipes nya ya,,, memotivasi buat banking & baking hehehe,,,
molen said…
cihuy...akhirnya mbak van nongol jg...seneng bgt liat foto2nya..bagus2...salam kenal ya mbak:)
Vania said…
Ira,
ha..ha..ha.. iya, gw jg baru nyadar kalimat itu rada 'lucu'. Kayagnya grammar gw kurang 'halus' yah hi..hi..
Ra, beginner? sama dong.
muffin itu baking yg paling gampang. Makanya paling sering nongol di sini.
Thx info ttg goan sosis, ntar pasti ta coba deh.
Chinese sosis, yg manis itu ya? gw juga suka.

Epoy,
masa sih? ice cream scoop-nya yg model jadul kan (yg ada whiper-nya). Gak ada trick khusus sih, cuma biasanya gampang banget ketuang setelah di 'cetrek'... si whiper-nya bakal ngelepasin adonan, emang gak bersih2 banget.

Ratna,
thanks for coming.
Lucu jg, tadinya resep ini gak niat di posting (fotonya jelek pula). Cuma krn dah lama gak posting, ya udah dimasukin ajah. Moga2 berguna.
Sama, sampe sekarang gw tetep bikin muffin, praktis tp enaaaak.

Anonymous,
you're welcome.
Makasih jg udah memotivasi sy untuk lebih rajin posting, krn tau ada yg nungguin resep baru :)

Ellen,
salam kenal jg.
Moga2 tips postingan kali ini bisa menjawab pertanyaan di postingan muffin sebelumnya ya Len.
Foni said…
nah ini milknya sedikit..gue bakal coba lagi
sering gagal bikin muffin van
gue coba resep2 muffin lo yg awal2 itu selalu jadinya kok kecairan susu 1 cup kan..(i benernya mo tanya lo dah lama banget lo kok bisa jadi sih)pengadukannya kan kg boleh kelamaan, nah kg rata kalo gue cuman 3x aduk..giamna bu?
Anonymous said…
mba vania salam kenal...
aku seneng banget dapet resep yg oke dari mba.
tapi ada yg masih ga ngerti nih mba. aku dah praktein oatmeal muffin ma sinckerdoodle muffin. enak waktu anget2. tapi setelah dingin kok permukaan atasnya kayak lembab basah gitu ya mba? apa emang gitu ya ato aku yg salah? aku manggangnya pake otang.
please tolong aku ya mba... lagi semangat nih praktek resep2 dari mba
makasih
Eugenia Gina said…
vania, sukaa deh sama food photographynya, dan tentunya sama resepnya juga, thanks for sharing, aku link ya! :), dpt linkmu dari dita :)
Sheila said…
Mbak Vania (atau Vania aja :D), makasih ya atas ucapannya. Selamat juga udah jadi pemenang :). Sejak aku kenal food blogging, blogmu udah dari dulu jadi intipanku. Pertama kali resep dari blogmu yg aku coba itu "donat". Itu udah hampir 3,5 taon yg lalu, waktu aku belom punya blog.
Akhirnya aku punya kesempatan untuk ngontak kamu deh :) Salam kenal, ya. Aku salah satu penggemar foto2mu.
Desy said…
dari pertama kenal blog mbak vania aku suka banget, palagi muffinnya gampil banget..thanks sharing tipnsya yah
Anonymous said…
Vania,
suka banget ngintip blog ini.. udah banyak nyatat resep muffin, tapi belum pernah nyoba nih..
Nanya 1 pertanyaan bodoh dong..
kalo measurement nya pake cup.. itu cup yang mana sih..
maklum begginner nih..
Anonymous said…
mbak Vania,boleh diadd linknya ke blog ku? akhirnya nemu resep andalan setelah gagal berkali kali bikin muffin.thanks ya
Anonymous said…
Mba Van,

Minggu kemaren nyobain bikin muffin ini. Pas dikeluarin dari oven, atasnya rada kering tapi dalamnya rada moist cenderung ambyar teksture muffinya. Apakah memang begitu setelah dipanggang ? Atau teksture nya harusnya padat ? Pas dirasain, kok kayaknya kurang manis, kayak ada yang kurang gitu. Mo coba lagi neh, masih penasaran soalnya heheh.
Mbak, ini adonannya agak encer ya? Saya sudah coba bikin, tp kok mengembangannya ndak sama ya, ada yg cuma miring spt topi lepas, ada yg membentuk dome bagus gitu.. knp ya?
Oya, muffin yg saya buat, besoknya knp bagias atasnya jd lengket2 begitu?
Tolong pencerahannya ya mbak...
Anonymous said…
mbak,aku ijin copas yah, ini ijinnya untuk semua resep yah...hehe..aku udah bikin chocolate chip muffinnya, emang empuk yah, gampang pula, besok mau bikin yang ini deh, hehe...kagum,fotonya keren2...
Sam said…
Wow!!!! it looks so beautiful! I love Chocolate Muffins. Great recipes, thanks so much for sharing.
mba Vania, salam kenal!! aku link boleh ya? aku udah nyobain resep muffin ini, persis plek ga ada yg diubah. Tapi hasilnya kok rada kering dan kurang moist ya. Apa ada yg salah? Thanks
Anonymous said…
mbak Vania, boleh minta copiannya buku resepnya ga? handy banget buat acara di daycare muffinnya.
thanks sebelumnya...
Baju Kebaya said…
Yah Muffin memang enak, tapi coba juga berbusana kebaya....pasti tampil cantik lho. model kebaya.