[MasBar Yuk!] Sambal Oncom & Sambal Cibiuk Hijau

"Masak Sambal Bareng, Yuk! "....
"Hayuuuk lah"

Sambal, menurut saya adalah makanan pelengkap ter-sexy yang pernah ada. Tempat kedua, diduduki oleh kerupuk. Setuju?
Saya sendiri sebenarnya bukanlah pencinta sambal sejati, karena pada dasarnya saya memang gak tahan makan pedes. Bukan karena perut yang gak kuat, tapi memang gak tahan kepedesan aja. Sambal 'segar' tidak selalu tersedia di meja makan kami, tapi tersedia sambal botolan dan sebuah pohon cabe di depan rumah :)
Nah, dalam rangka masak bareng bulan ini yang bertema 'Aneka Sambal Nusantara', sekalipun waktunya sangat mepet... saya berhasil mencoba 2 resep sambal baru. Maksudnya, sambal yang belum pernah saya buat sebelumnya. Entah beruntung, entah kebetulan, entah rejeki nomplok... saya menemukan potongan majalah Femina yang berisi 8 macam sambal nusantara di antara tumpukan contekan saya.

Contekannya :))

Kedua resep sambal yg saya pilih memiliki keunikan masing-masing.
Sambal Oncom, sudah jelas berbahan utama Oncom. Sambal yang berasal dari Bandung ini memiliki keunikan, semua bahannya dipanggang terlebih dahulu sebelum diulek dan dicampur. Aromanya sangat khas, rasanya... sangat lezat. Sebenarnya cukup disajikan dengan nasi putih dan kerupuk, cuma saya tambahkan tumis labu siam siang itu.

Sambal Cibiuk Hijau, pastinya berwarna hijau. Kata 'cibiuk' itu kog bikin penasaran yah. Di resep disebutkan kalau jenis sambal ini berasal dari Garut. Tergolong 'sambal mentah', karena semua bahan diuleg dan dicampur dalam keadaan mentah, tidak ada proses pemasakan sama sekali. Sangat berbeda dengan Sambal Oncom. Hasilnya... segar, unik, ...campuran terasi dan kencurnya cukup terasa. Sambal jenis ini adalah sambal pelengkap, jadi tentu perlu lauk pauk. Saya sajikan bersama tahu kuning goreng, kukusan terong, ikan asin dan kerupuk.
Mari, nyambel...

Sambal Oncom

Sambal Oncom

Bahan :
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
200 gr oncom hitam, panggang, tumbuk kasar (saya pakai oncom 'orange' biasa)
100 ml air (saya tidak pakai)

Bumbu :
8 buah cabe merah keriting
5 buah cabe rawit
2 cm jahe
5 butir bawang merah
1 sdt terasi

Cara Membuat :
1. Bakar semua bumbu hingga keluar aromanya (maksudnya : harum gitu lho).
2. Haluskan bumbu bakar bersama garam dan gula pasir, aduk rata
3. Masukkan oncom. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata.
Angkat. Sajikan.

Sambal Oncom

Untuk resep Sambal Oncom ini saya menggunakan oncom biasa (berwarna orange). Ini adalah hasil percobaan kedua. Percobaan pertama hasilnya agak kelembekan, maka itu saat mencoba yang kedua kalinya saya tidak menggunakan air untuk mengencerkan sambal.

Sambal Cibiuk Hijau

Sambal Cibiuk Hijau

Bahan :
1 sdt terasi, bakar
2 sdt gula merah sisir
1 sdt garam
10 buah cabe rawit hijau
2 siung bawang putih
5 buah tomat sayur hijau
3 buah cabe hijau keriting
1 cm kencur
75 gr daun kemangi, petiki daunnya
1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat :
1. Haluskan terasi, gula merah dan garam.
Masukkan cabe rawit, bawang putih, tomat, cabe hijau, kencur dan daun kemangi, giling kasar.
2. Bubuhi air jeruk, aduk hingga rata.
Sajikan

from our kitchen table ...

*Tidak ada yang saya modifikasi dari resep ini, hanya jumlah kemanginya saya kurangi. Saya pakai setengahnya saja.

Comments

Deliah's Deli said…
looks tempting ya sambal2nya :)
Eliza said…
Van, udah banyak nulis resep2 lagi ya, gue sampe blm liat2 lagi. enaknya yg bisa makan oncom, kemangi lagi!
Helo mbak Vania, salam kenal ya. Wah sambel2nya menggoda selera sekali :D~. Foto2nya jg asli keren2 abis :D
chenmarlin said…
sampai ngiler deh lihat sambal2nya
bee said…
dear vania,
there's something for you at jugalbandi. congrats.
Anonymous said…
musti dicoba yg ini nih, penggugah selera tuk buka puasa..
Ema said…
vania..., makasih untuk ucapan selamat lebarannya..., btw..sambal2mu bikin ngiler..hehehe..., ohya selamat juga untuk first winner click nya...keren..!!
Anonymous said…
salam kenal...
kebetulan sedang mencari resep sambal, sepertinya layak dicoba :)
makasih ya mbak postingannya... [rina]