Sweet & Sour Chicken a.k.a Ayam Asam Manis

Menyiapkan hidangan makan pagi, siang dan malam untuk keluarga adalah bagian kegiatan sehari-hari saya. Saya bekerja freelance dengan jadwal yang tidak tetap; kadang kerepotan karena job datang sekaligus, kadang sepi-sepi aja, dan saya menikmati ritme yang dinamis tersebut.

Berbeda dengan jadwal memasak yang sangat rutin. Tidak hanya untuk makan 3 kali sehari, tidak jarang anak-anak saya kelaparan di antara jadwal makan yang artinya saya harus menyiapkan snack untuk mereka. Kegiatan masak tidak ada sepinya.

IMG_0205sschic

Kembali ke urusan dapur, masakan sepinggan atau dikenal dengan one dish meal, adalah andalan saya. Kenapa? ya karena praktis, tidak perlu masak beberapa jenis lauk, dalam sekali masak sudah ada lauk dan sayur-nya sekaligus. Kalau perlu, buahnya pun ada.

Ayam Asam Manis ini adalah salah satu resep andalan saya. Praktis, tidak sulit sama sekali, bahannya mudah didapat dan yang paling penting ...enak banget.

IMG_0141lock

Kali ini sekaligus ujicoba panci baru, Hard & Light dari Lock & Lock. 
Panci berkualitas yang cukup ringan dan serba bisa. Saya gunakan untuk menggoreng potongan ayam juga untuk menumis dan membuat saus asam manisnya.

Panci teflon, anti lengket selalu menarik perhatian saya. Sayangnya sebagian panci tersebut lapisan teflonnya ngeletek dan saya tahu hal ini berbahaya untuk kesehatan.

IMG_0173a

Apa yang special dari panci Hard&Light ini?

Adanya 3 lapisan non-stick coating yang dilakukan setelah proses Hard Anodized. Hasilnya panci ini menjadi tahan lama dan tahan terhadap goresan. 
Mudah-mudahan dengan demikian, panci ini akan awet menemani segala kegiatan masak.
Panci ini juga menggunakan lapisan premium pure aluminium.

Keistimewaan lain yang saya rasakan; panci ini tergolong ringan. Ketika sudah terisi bahan masakan pun masih cukup nyaman saat dipindah-pindahkan, sangat ergonomis. Juga proses pemanasan yang berlangsung cepat, panasnya merata dan tahan cukup lama.

Nah, ayam asam manis ini saya masak dengan panci Hard & Light dari Lock & Lock.

Hasilnya;
Saya tidak mudah termakan iklan ataupun omongan orang lain. Saya cukup puas dengan panci ini. Jika dalam 6 bulan ke depan panci ini tetap memuaskan, saya akan membeli ukuran yang lebih besar, untuk masak porsi yang lebih banyak. Maklum, anak-anak saya makannya makin banyak.

IMG_0238chic

Ayam Asam Manis
terinspirasi dari resep Ayam Nanas, Primarasa Femina Masakan Ayam 20 Menit.

Bahan :
500 gr fillet dada ayam
1.5 sdm jeruk nipis
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
200 gr tepung maizena
100 gr tepung terigu

minyak untuk menggoreng dan menumis
3 siung bawang putih, memarkan
100 gr bawang bombai, iris melintang 1/2 cm
1  buah nanas matang, kupas, iris segitiga setebal 1/2 cm
1/2 wortel, kupas, iris tipis
2 buah cabai merah, buang bijinya dan iris serong 1/2 cm
75 gr mentimun, belah dua memanjang, iris setebal 1/2 cm
2 batang daun bawang, iris melintang 1/2 cm

Saus, campur jadi satu :
300 ml kaldu ayam
5 sdm saus tomat
2 sdt gula pasir
1 sdt cuka masak
1 sdm maizena, larutkan dalam sedikit air

Cara Membuat : 
1. Iris fillet dada ayam ukuran 1x1x5 cm. Lumuri dengan air jeruk nipis/lemon, garam dan merica bubuk, sisihkan.

2. Campurkan tepung maizena dengan tepung terigu, aduk rata. Masukkan masing-masing setengah bagian campuran tepung dan ayam ke dalam kantung plastik. Kocok-kocok hingga potongan ayam terlumuri tepung. Lakukan yang sama dengan sisa bahan.

3. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan di atas api sedang. Goreng ayam dalam 2 tahapan hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan, angkat, tiriskan.

IMG_9731a


4. Panaskan 3 sdm minyak goreng dalam wajan di atas api sedang, tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombai, tumis hingga layu. Tambahkan nanas, wortel, cabai, mentimun, dan daun bawang, aduk rata.
IMG_9736a

5. Tuangi campuran saus, masak hingga mendidih.

IMG_9739a

6. Masukkan ayam goreng, aduk hingga seluruh bahan tercampur rata, angkat. Pindahkan masakan ke dalam wadah saji, hidangkan.

pic folder 264

Comments

ocel said…

As Always, foto-fotonya selalu keren.

Mba, nanya dong.
tadi di atas ada "campuran saus". tapi kok di resep ga ada bahan-bahannya ya?
apakah saya yg kelewat ya?

terimakasih Mba....
Vania said…
@Ocel
Thank you :)

Makasih atas infonya, ternyata saya kelewat ngetik list saus nya.
Udah saya perbaiki ya. Makasih.
irulaz said…
bermanfaat banget :-) bisa deh dikasih ke ibu nih resepnya :-)
irulaz said…
Wah enak banget itu mbak..mantap :-)